Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog? Ini Salah Satu Caranya!

Artikel tentang cara menghasilkan uang lewat blog rasanya sudah seperti menggarami air laut. Pasalnya sangat banyak artikel di internet yang membahas tentang “cara menghasilkan uang lewat blog”. Saya juga sangat yakin banyak jalan menuju roma. Namun, bagi seorang pemula seperti saya, pasti semakin bingung, cara mana yang harus diikuti. Mengingat begitu banyak artikel yang membahasnya dengan cara berbeda-beda. Lalu, sebenarnya cara mana sih yang bisa kita pilih agar bisa dapat uang dari internet/blog? Seperti itulah yang saya rasakan ketika pertama kenal dunia internet.

Blog with heart money will follow

Saya jadi teringat postingan saya di blog ini tentang Blog = Warung. Terkait pemahaman sederhana saya soal mendapatkan uang dari internet dengan media blog. Caranya?

Pada artikel itu saya memberikan analogi tentang konsep blog itu seakan warung. Mengapa warung? Saya sering perhatikan lingkungan sekitar. Kalau ada warung nih yang ramai pengunjung, biasanya ada saja orang yang menitipkan barang dagangan di warung tersebut. Pemilik warung mendapatkan komisi dari barang titipan tersebut. Sang pemilik warung tidak perlu memproduksi barang tersebut. Contoh : Sewaktu saya tinggal di Madura dulu, ada sebuah warung nasi yang setiap pagi pasti ramai orang mengantri membeli sarapan. Karena tempatnya ramai, ada aja orang yang nitip barang dagangan, misal gorengan, kerupuk, jajanan pasar, dll. Sang pemilik warung hanya menerima komisi bila barang titipan tersebut laku terjual, tanpa perlu repot membuat gorenganatau barang dagangan lain itu sendiri. Pemilik warung menyediakan tempat, orang lain yang membuat barang dagangan, sang pemilik warung dapat keuntungan tambahan dari margin penjualan barang titipan. Kelihatannya enak kan? hehehe

Begitu juga konsep yang saya pahami di internet. Salah satu cara tersebut mungkin dikenal dengan istilah affiliate partner.

Minggu ini saya menghadiri sebuah acara #NgopiBarengTiket. Acara ini diadakan oleh Tiket.com, bertempat di Hongkong Cafe, Thamrin, Jakarta. Pada acara ini, saya mendapatkan banyak penjelasan menarik tentang affiliate partner. Ini adalah salah satu cara menghasilkan uang lewat internet terutama melalui blog. Lebih jelas tentang affiliate partner tersebut, tetap simak terus tulisan saya dibawah ini ya! (Sambil sodorin gorengan + teh hangat) hehehe.

Jadi begini, Tiket.com adalah pionir online travel di Indonesia. Tiket.com menyediakan berbagai layanan pemesanan tiket secara online seperti pesawat terbang, kereta api, hotel, event dan rental mobil. Kita dimudahkan booking tiket secara online lewat tiket.com bisa via web browser atau smartphone.

Menurut Gaery Undarsa, (Chief Communication Officer ) Tiket.com berdiri sejak 2011 sudah 4 tahun beroperasi. Rata-rata melayani kurang lebih 10.000 transaksi per hari, memiliki -+250 karyawan dan memiliki kantor di Jakarta, Bali, dan Jogja.

Ada juga Pak Novasta ( Head of B2B Tiket.com) menjelaskan lebih detail tentang produk Tiket.com yaitu :

Pesawat : 14 Airlines
Hotel : Lebih dari 180.000
Car Rental : Trac, Cipaganti, Express group, Mobirent, Sanjaya group, Unicar, VIP
Events/Attraction : Froggy, Jungleland, Kidzania, Waterboom, Transtudio, Devdan, Universal Studios.

Dengan banyaknya transaksi penjualan tiket tersebut, ternyata pasar jualan tiket online ini masih sangat besar. Sehingga tiket juga mengajak siapapun untuk kerjasama, bisa menjadi travel agent offline atau affiliate partner. Sebagai blogger, kita bisa ikut kerjasama agar bisa mendapatkan uang lewat blog melalui program affiliate partner.

Lalu, bagaimana cara menjadi affiliate partner tersebut?

Sebagai blogger, kita bisa memasang widget dari Ticket.com di blog, kemudian mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang terjadi dari widget yang terpasang di blog kita. Cukup menarik kan?
1. Melengkapi data widget
2. Generate kode
3. Pasang kode di website/blog
Mudahnya, blog yang kita jadikan tempat menulis, curhat dan mengabadikan moment-moment indah dalam hidup. Iseng-iseng bisa menghasilkan uang jajan tambahan/komisi. Tentunya apabila ada pengunjung blog melakukan transaksi pembelian tiket melalui widget kita. Ingat soal pemilik warung dan gorengan diatas? Hehehe

Berapa komisi Affiliate Partner Tiket.com tersebut?

Komisi Affiliate Partner Tiket

Selain tentang affiliate partner, dalam acara #NgopiBarengtiket tersebut saya mendapatkan beberapa nasehat untuk membenahi blog, tentu saja hal ini perlu dilakukan agar blog kita makin ramai pengunjung, banyak pengunjung kesempatan pengunjung melakukan transaksi juga semakin lebar bukan? Berikut penjelasan oleh nara sumber #NgopiBarengTiket yakni Mbak Indah Juli :

Blog your Identity :

About me

Banyak orang membuat blog yang sekedar bikin, kurang dioptimalkan secara jelas, membenahi about me menjadi salah satu hal penting. Karena bisa digunakan sebagai personal branding agar pengunjung tahu lebih dekat dengan pemilik blog.

Theme Blog

Hal teknis yang perlu dipikirkan juga adalah soal theme blog. Pilih theme blog yang enak dilihat dan responsive alias mobile friendly. Menurut data, tahun 2015, traffik dari mobile lebih besar dari pada traffik dari desktop. Akses ke Tiket.com 65% juga dari mobile. Kalau tampilan  blog di smartphone hancur, biasanya justru akan ditinggalkan pengunjung, karena tidak betah dan kabur ke blog lain.

Your Readers

Pahami pengunjung blog. Siapakah pembaca blogmu, buatlah mereka nyaman berkunjung ke blog agar senantiasa kembali lagi dan betah lama-lama di blog.

Blog Unique.

Keunikan blog, menjadi pembeda dari blog lain dan punya ciri khas yang menarik juga menjadi salah satu syarat blog bisa ramai pengunjung. Temukan keunikan blogmu..!

Job for Blog

Seperti yang disebut diawal paragraf, banyak cara menghasilkan uang lewat blog seperti :
Google adsense, Placement, Backlink reviw, Paid Content (Article review, Product/brand review) dan Affiliater partner.

Bagaimanapun pilihan untuk mendapatkan penghasilan lewat blog. Semua tergantung blogger masing-masing. Yang mungkin awal tahun tahun 2016 punya resolusi dapat pasif income dari internet. Semoga informasi affiliate partner tersebut bisa jadi salah satu alternatif solusi dan referensi.

Pada akhirnya acara #NgopiBarengTiket pun diakhiri dengan foto bareng seluruh peserta dan panitia. Kita juga diinstruksikan untuk mengisi form feedback terkait acara tersebut. Namun, kalau boleh ngasih tambahan feedback, untuk Tiket.com, semoga Tiket.com dapat melayani pemesanan tiket BUS. Sebagai anak rantau, memesan tiket kereta api seperti sebuah kompetisi, tak jarang kita tak kebagian tiket kalau kurang cepat. Kalau terpaksa banget harus pulang kampung, pilihan pesawat terbang mungkin akan sangat menguras kantong. Pilihannya adalah transportasi BUS. Saya rasa agak ribet memesan tiket BUS. Karena biasanya saya harus langsung ke lokasi travel agent bus, hal ini membutuhkan effort lebih. Kalau misal tiket bus bisa dipesan melalui Tiket.com mungkin akan lebih memudahkan para calon penumpang serta bisa jadi alternatif trasnportasi pulang kampung bagi anak rantau. Hehehe

Oiya, Btw, Kira-kira menarik ga nih informasi cara menghasilkan uang lewat blog dengan cara affiliate partner tersebut? Jangan lupa comment ya..hehehe

More info : https://www.tiket.com/partner

Latest Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.