Google Reader Tutup, Bagaimana Cara Backup data?

Kabar tentang Google Reader tutup ini tentu sangat disayangkan oleh banyak pengguna setia Rss Platform termasuk penulis. Karena Google Reader sebagai layanan RSS Paltform mampu memudahkan pengguna untuk mengumpulkan berbagai macam berita dan situs dalam 1 paltform yang dapat dibuatkan kategori-kategori tertentu. Seperti misal kategori Berita kita hanya perlu subscribe Detik.com, Okezone,com, liputan6.com dll. dalam 1 kategori di Google Reader, atau kategori Teknologi seperti New-paragraph.blogspot.com, Trenologi.com, dailysocial.net dan Teknojurnal.com dalam 1 kategori dalam satu platform yaitu google reader.

Penutupan Google reader pada tanggal 01 Juli 2013 ini bukan tanpa alasan, menurut berita yang saya kutip dari New-paragraph dari blog resmi mengatakan ada 2 alasan yaitu :

  1. Menurunya performa penggunaan Google Reader
  2. Google Inc. mengambil kebijakan untuk meminimalkan produk layanan atau memangkas layanan yang dikira kurang maksimal untuk memperbaiki kualitas layanan.

Sehingga pengguna setia Rss Platform Google Reader harus segera membackup atau mendownload seluruh data seperti :

  • List of people that you follow
  • List of people that follow you
  • Items you have starred
  • Items you have liked
  • Items you have shared
  • Items shared by people you follow
  • Notes you have created
  • Items with comments

Nah, anda bisa mendapatkan seluruh data tersebut berbentuk XML dan mendapatkan informasi file dalam format JSON. Langkah untuk mendownload atau backup data google reader ini cukup mudah melalu Google Takeout sebagai berikut :

  1. Pilihlah Google Reader pada service yang disediakan oleh Google Takeout, atau lebih mudah klik tautan ini
  2. Kemudian klik “Create Archive” tunggu hinggga building file finish.
  3. Download dan Finish

Anda akan mendapati bentuk file anda biasanya seperti ini mdarulm at gmail.com-takeout.zip (alamat e-mail akan berganti menjadi alamat email anda masing-masing). Seperti itulah cara mudah untuk backup data Google Reader anda.

Sekali lagi, penulis merupakan pengguna setia layanan Google Reader karena memudahkan penulis untuk memilah dan memilih berita yang ingin dibaca serta update informasi secara cepat. Apabila pembaca blog mdarulm.net ini mempunyai saran untuk RSS platform yang lain dan bagus boleh untuk sekiranya kirim komentar dibawah ini. Terima kasih

Google Takeout : Layanan untuk mengambil data dari produk google yang anda gunakan. Selain Google Reader anda bisa backup data lain seperti : +1s, Blogger, Buzz, Contacts, Drive, Google+ Circles, dll.

New-Paragraph : Blog berita teknologi, internet, komputer, web dan gadget terbaru.

RSS : Sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. (Wikipedia)

24 thoughts on “Google Reader Tutup, Bagaimana Cara Backup data?”

  1. saya jg gak pake google reader..
    tp pake feedreader.com.. aplikasi yang data2 rss feed disimpan di lokal..
    jadi lebih nyaman n simpel dan gak terpengaruh layanannya tutup apa g

    Reply
    • Dear Tomi,

      Rekomendasi yang seperti perlu dicoba..tapi hari ini juga dapat referensi tentang News reader seperti google Reader seperti yang menarik ada extension dari browser Chrome namanya Feedly juga tampilanya menarik.

      Btw, feedreader ini bisa diakses offline gitu kah?

      Reply
    • Dear Heru,

      Google Reader itu enak untuk kita mengumpulkna website yang kita sukai dalam kategori-kategori tertentu..kan kan di Internet banyak banyak website ada yang bagus dan ada yang kurang bagus to..makanya perlu dikumpulkan dan dipilih….ehm btw, google Search tutup, mungkin gak sih? bukane itu adalah layanan yang paling handal dari google..kalaum ape tutup..tutuplah google 🙂 *menurutku sih

      Reply
    • Dear Kairofox,

      Kalu Aku blogger yang setia menggunakan Google Reader, karna menurutku memudahkan blogger nyari referensi dan update informasi siapa tahu dapate inspirasi nulis sih….kalu ndak pake google reader, nyari sumber informasi biasanya darimana aja? 🙂

      Reply
    • Dear Aryo,

      Setelah sedikit googling juga menemukan banyak Aternatif, ada Feedly yang bisa digunakan tampilanya juga mirip dan sinkron dengan google Reader namun agak sedikit berat loadingnya sik 🙂

      Reply
    • Dear Mas Aming,

      Ayo make sebelum ditutup mas, belum ada kata terlambat untuk mencoba #Buzzer Google Reader Mode : ON hehehe Btw, Yang gaptek itu yang gak punya blog mas 🙂

      Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.