Mengenal Ambeien dan Bagaimana Cara Mengobatinya?

Tahukah kamu? Sebelum menggunakan obat ambeien di apotik, kita dianjurkan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Tentunya untuk menyesuaikan dosis obat dan juga kondisi ambeien yang kamu derita.

Kebiasaan menggampangkan sesuatu sepertinya perlu kita ubah. Apalagi meremehkan atau mengabaikan sesuatu yang kita anggap kecil. Hasilnya pasti deh menyesal dan ga nyaman. 

Saya jadi teringat sebuah cerita unik , alkisah : Jantung, otak dan lubang dubur. Ceritanya nih ada sebuah forum pertemuan organ tubuh. Otak merasa satu-satunya organ paling penting, karena mengendalikan pikiran dan organ tubuh lain. Serta juga apabila ada orang yang tidak memiliki norma dan budaya masyarakat. Biasanya dijuluki manusia tanpa otak. Jantung tentu protes dunk. Karena tanpa jantung, tidak ada yang memompa oksigen ke otak serta memompa darah dan menyuplai makanan ke seluruh tubuh. Manusia tanpa detak jantung sama dengan waktunya ajal menjemput. Selain itu, tidak ada istilah otak kota yang ada adalah jantung kota. 

Pada forum pertemuan tersebut, semua organ tubuh memaparkan fungsi pentingnya masing-masing. Tibalah saatnya giliran lubang dubur mencoba menjelaskan. Namun, otak, jantung dan organ lain justru menertawakan organ yang satu ini. Kemudian lubang dubur bilang : “Baiklah, sepertinya kehadiran saya tidak dianggap penting, ijinkan saya meninggalkan forum terhormat ini”. Setelah kejadian itu, organ perut mulai gelisah, otak mulai kliyengan, jantung berdetak tidak karuan, dada terasa sesak, nafas pun tersengal.

Ternyata lubang dubur berhenti membuka klep nya karena ngambek. Kemudian lubang dubur bilang : “Saudara-saudara sudah merasakan betapa pentingnya saya dalam menjaga keseimbangan dan kehidupan manusia. Belum tentu yang jelek ga ada gunanya, belum tentu yang kecil ga bermakna, jangan pernah menyepelekan dan meremehkan organ lain”. Semua organ tertunduk terutama otak, jantung organ lainnya akhirnya menyesal. 

Kamu udah pernah dengar cerita itu kan? Kalau belum, bagaimana menurutmu, ada benernya juga kan? Kalau menyepelekan hal kecil pasti akhirnya menyesal. Peduli kesehatan organ tubuh.  Semua organ penting. Pastikan mendapatkan perawatan yang terpercaya dan akurat.

Oiya, apabila kamu merasa tidak nyaman terutama di salah satu organ tubuh terutama di lubang dubur. Jangan disepelekan. Kenali dulu bisa jadi itu ambeien.

Udah tahu kan apa itu ambeien?

Dari yang saya baca di Halodoc, istilah medisnya hemoroid namun bisa juga dibilang wasir.  Kondisi ketika pembuluh darah sekitar anus melebar karena ada peningkatan tekanan lokal pada pembuluh tersebut. Biasanya, pembengkakan pembuluh darah berada di daerah sekitar atau dalam bokong (rektum atau anus). Kalau mungkin gejala yang bisa ditemui itu seperti :

  • Setelah BAB terdapat lendir dan pendarahan warna merah terang
  • Rasa nyeri, gatal-gatal di sekitar anus
  • Terdapat pembengkakan atau benjolan tergantung di luar anus
  • Kotoran keluar dengan sendirinya melalui anus
  • Dll.

Btw, karena saat ini sebagian dari lebih sering WFH (work from home) atau kerja dari rumah, pastikan untuk selalu diimbangi dengan gerak dan jangan duduk terlalu lama ya. Apabila keseringan itu juga kurang baik. Karena itu bisa jadi salah satu penyebab ambeien. 

Adapun beberapa penyebab ambeien yaitu :

  • Sering duduk dalam waktu lama.
  • Sering mengangkat benda berat
  • Faktor usia, yang membuat penopang jaringan tubuh menjadi semakin lemah.
  • Batuk terus-menerus atau sering muntah.
  • Kelebihan berat badan.
  • Memiliki riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemoroid.
  • Sedang hamil.
  • Sering melakukan hubungan intim anal.

Baiklah kalau sudah tahu gejala dan beberapa penyebabnya, setidaknya perlu diketahui juga langkah-langkah untuk mencegahnya . Seperti yang sering kita dengar, lebih baik mencegah daripada mengobati. Betul kan?

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah ambeien :

  • Imbangin dengan banyak minum air putih dan kurangin deh konsumsi kafein atau minuman beralkohol.
  • Asupan serat di dalam makanan diperbanyak
  • Jangan suka menahan atau menunda buang air besar.
  • Olahraga teratur
  • Hindari penggunaan obat-obatan yang menyebabkan konstipasi

Namun, apabila mulai merasakan kurang nyaman pada salah satu organ tubuh, emang lebih baik perlu dikonsultasikan. Terutama bila sering kambuh, agar mendapatkan penanganan lebih lanjut dan penanganan yang tepat akan mengurangi resiko komplikasi yang mungkin terjadi.

Pengobatan Ambeien?

Untuk mengatasi ambeien, dapat menggunakan obat ambeien yang mampu melancarkan buang air besar. Kalau untuk ambeien yang lebih parah demi pengobatan lebih lanjut bisa dilakukan 2 hal :

  1. Prosedur yang dilakukan dengan mengikat bagian bawah hemoroid dengan kuat. Hal tersebut bertujuan agar aliran darah terputus.
  2. Operasi. Bertujuan mengangkat atau menyusutkan hemoroid yang besar atau jenis eksternal.

Lebih lanjut untuk mendapatkan kejelasan, kamu bisa juga coba aplikasi Halodoc. Karena kamu bisa chat ke dokter, pemeriksaan di rumah sakit, beli obat dan cek lab melalui aplikasi HaloDoc. Sebuah aplikasi kesehatan yang memiliki banyak fitur untuk memudahkan kita mendapatkan informasi seputar kesehatan terlengkap di Indonesia. Berapa fitur menarik yang ada di HaloDoc diantaranya :

  1. Chat dengan Dokter

Konsultasi dengan dokter secara aman dan mudah melalui aplikasi Halodoc

  1. Buat Janji RS

Periksa ke rumah sakit tanpa harus antri

  1. Pengingat Obat

Minum obatmu secara teratur tanpa takut terlewat lagi

  1. Kalkulator BMI

Cek indeks kesehatanmu dengan mudah

  1. Beli Obat

Beli obat bebas maupun resep dari dokter tanpa harus keluar rumah

  1. Tes COVID-19

Berbagai pilihan tes untuk COVID-19, baik Tes Rapid maupun PCR

Jangan menyepelekan hal kecil ya. Kesehatan salah satu investasi terbaik dan rejeki juga kan? Ingatlah kisah otak, jantung dan lubang dubur tadi. Kita bisa banyak mendapatkan pelajaran, organ sekecil apapun ada kontribusi penting agar kita bisa menghirup nafas dengan tenang dan merasakan kesehatan. Mari jaga yaa

1 thought on “Mengenal Ambeien dan Bagaimana Cara Mengobatinya?”

  1. Bener banget kak, ambeien kadang dianggap remeh.. tapi kalo dibiarin bahaya banget. Emang LEBIH baik mencegah daripada mengobati. Sehat itu murah, sakit yang mahal. Ditunggu postingan postingan selanjutnya kak :)))

    Reply

Leave a Reply to ~ Cancel reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.