Cara Mudah Membatalkan Tiket Kereta Api dengan KAI Access

Tidak menyenangkan untuk melakukan pembatalan tiket kereta api. Karena  artinya benar-benar ga bisa mudik. Yaudah akhirnya memilih refund tiket kereta meski dengan sedikit terpaksa. Awalnya masih malas untuk membatalkan tiket, karena masih berharap ada keajaiban keadaan bisa berubah. Sampai akhirnya H-1 dapat SMS dari KAI yang mengatakan. Tiket kereta dibatalkan. Silahkan melakukan proses pembatalan tiket. 

Cara Membatalkan Tiket kereta Api dengan KAI Access

Bagaimana cara membatalkan tiket kereta api?

Berikut ini pengalaman saya melakukan proses pembatalan melalui KAI Access. Sebenarnya cara membatalkan tiket kereta, bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu :

  1. Pembatalan melalui Aplikasi KAI Access
  2. Pembatalan Tiket datang langsung ke Loket Stasiun

Mudahnya, kalau menggunakan aplikasi KAI Acces. Saya ga perlu repot datang langsung ke loket stasiun. Semuanya hanya melalui smartphone. Yang penting pastikan aja semua sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Tahap-tahap Membatalkan Tiket Kereta Api melalui KAI Access

  1. Install Aplikasi KAI Access di Appstore atau Playstore
  2. Register (ID harus sesuai dengan yang ada di tiket)
  3. Login
  4. Masuk menu Home -> Cek Pemesanan->Masukkin Kode Booking/Kode Pemesanan
  5. Tambahkan Tiket (Pastikan tiket sudah berhasil ditambahkan di menu tiket) statusnya LUNAS
  6. Kode Pemesanan/Kode Booking akan muncul dan pastikan sudah sesuai dengan data diri
  7. Pilih Pembatalan
  8. Centang Nama Penumpang (Pastikan ID yang digunakan sama dengan Penumpang yang ada di Tiket)
  9. Masukkan Nomor Rekening dan nama Bank untuk pengembalian dana
  10. Centang (Saya telah membaca dan menyetujui persyaratan)
  11. Pilih Berikutnya
  12. Pilih Pembatalan tiket
  13. Akan muncul pop up “Apakah Anda ingin membatalkan tiket ini?” Bila sudah yakin klik “YA”
  14. Cek status Tiket di menu riwayat dan akan terlihat Kode Pemesanan yang awalnya LUNAS menjadi DIBATALKAN
  15. Finish (Tinggal menunggu dana ditransfer dari KAI)

Pada kasus saya, pembatalan tiket kereta api dikarenakan oleh wabah CORONA atau COVID-19 maka refund tiket ini akan dikembalikan 100%. Apabila kondisi normal, mungkin kita hanya akan menerima 75% saja. Potongan 25% untuk proses pembatalan tiket.

Pedahal berat sebenarnya untuk melakukan proses refund. Menerima kenyataan untuk tidak mudik itu berat. Membayangkan untuk lebaran di perantauan. Jauh dari keluarga sanak saudara. Rasanya beraat banget. Semua rencana yang sudah tersusun 3 bulan sebelumnya harus GAGAL. Bayangin aja nih, ga pulang rindu ehm pulang bisa jadi seperti membawa hantu.Ga kelihatan tapi menakutkan. Apa ga simalakama? Yaudah ya anggaplah ini sebuah perjuangan ya.

Cara Membatalkan Tiket Datang Langsung ke Loket Stasiun?

Apabila emang terpaksa harus ke loket stasiun untuk melakukan refund/pembatalan tiket. Tetap jaga kesehatan dan patuhi aturan aturan setiap keluar rumah ya. Jangan lupa masker, bawa hand sanitizer dan jaga jarak. Apabila memang terpaksa harus mewakilkan proses pembatalan kereta. Siapkan dulu beberapa kelengkapan data yang menjadi syarat-syaratnya ya…

Pemohon akan diminta mengisi formulir pembatalan tiket dilampiri dokumen yang diperlukan. Apabila berencana untuk membatalkan lebih dari satu tiket. Ada syarat tembahan seperti surat kuasa.

Surat kuasa pembatalan tiket kereta api

Pembatalan yang diwakilkan orang harus dilengkapi:

  1. Surat kuara bermaterai Rp.6.000,-
  2. Identitas Asli dan fotokopi pemilik tiket selaku pemberi kuasa pembatalan tiket
  3. Identitas asli dan fotokopi penerima kuasa pembatalan tiket
  4. Boarding pass tiket yang akan dibatalkan

Mudahnya, apabila ingin mendapatkan informasi lebih lanjut bisa langusng ditanyakan aja ke petugas layanan pelanggan (Customer Service) yang ada di stasiun.

Daftar Loket Stasiun yang Menerima Pembatalan Tiket

Kalau memang terpaksa harus membatalkan tiket secara langsung. Silahkan melihat daftar loket stasiun yang menerima pembatalan tiket.Sebagai berikut :

1.Daop 1 JakartaSerang, Rangkasbitung, Gambir, Pasar Senen, Bogor, Bekasi dan Cikampek  
2.Daop 2 BandungPurwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya dan Banjar
3.Daop 3 CirebonCirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang dan Brebes
4.Daop 4 SemarangTegal, Pekalongan, Semarang Poncol, Semarang Tawang dan Cepu
5.Daop 5 PurwokertoPurwokerto, Kroya, Cilacap dan Kutoarjo
6.Daop 6 YogyakartaYogyakarta, Lempuyangan dan Solobalapan
7.Daop 7 MadiunMadiun, Kertosono, Kediri, Jombang dan Blitar
8.Daop 8 SurabayaSurabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Sidoarjo, Malang, Mojokerto dan Bojonegoro
9.Daop 9 JemberBanyuwangi Baru, Kalibaru, Jember, Probolinggo dan Pasuruan
10.Divre I Sumatera UtaraMedan, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran dan Rantauprapat
11.Divre II Sumatera BaratPadang
12.Divre III PalembangKertapati, Prabumulih dan Lubuklinggau
13.Divre IV TanjungkarangBaturaja, Kotabumi dan Tanjungkarang

Semoga kawan semua diberi kesehatan. Menjaga kesehatan orang tua di kampung dengan tidak mudik terlebih dahulu. Semoga kita semua bisa segera kembali bertemu dengan keluarga tercinta. Tetap jaga kesehatan jaga jarak dan dirumah aja..

Eh kalau ada yang punya pengalaman membatalkan tiket kereta api bisa tulis di kolom komentar ya, berbagi informasi siapa tahu bermanfaat bagi yang lain. Silahkan….

1 thought on “Cara Mudah Membatalkan Tiket Kereta Api dengan KAI Access”

  1. Nyesel sih batalin tiket, TApi ya mau gimana juga tetep GABIsa dipake tiketnya. YAUDAh gapapa deh semoga ada hal lain yang sepadan dengan menahan rindu keluarga dan semoga semua segera pulih kembali. Sehat semua dan mohon maaf lahir batin :”))

    Reply

Leave a Reply to ~ Cancel reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.