SMSC : Social Media Strategist Club, Kopdar Seru dan Teman Baru

Topik untuk pertemuan atau Kopdar SMSC (Social Media Strategist Club) di awal tahun 2013 ini adalah INSIGHT APA SIH ITU? Tepatnya tanggal 11 januari 2013 bertempat di Senayan City Gedung XL Xplor Experience Lantai 4.

Acara Ghatering yang berawal dari sebuah event di Facebook Group SMSC itu cukup menarik untuk diikuti. Karena pelbagai penggiat sosial media, campaign digital, orang-orang hebat dalam StartUp lokal Indonesia dalam satu wadah yaitu Gathering SMSC tersebut.

Social Media Strategist Club

Social Media Strategist Club

Acara ini sudah sangat dinantikan dan aku pun sangat excited mengikuti diskusi menarik tentang Apa itu Insight?. Berawal dari perdebatan di Group Facebook yang kemudian diangkat menjadi topik menarik yang dikemas dalam gathering #SMSChore tersebut.

Penjelasan tentang rangkuman campaign-campaign digital selama 2012 disampaikan oleh Kak @Pitra yang cukup menarik dan menyadarkan bahwa banyak sekali fenomena-fenomena trend sosial media di Indonesia salah satunya adalah JKT48 masih ingatkah?Β Presentasi Om Pitra cukup menarik dan secara lengkap merangkum pelbagai campaign-campaign selama 2012. Serta menjadi pertimbangan untuk membuat sebuah campaign di tahun 2013. Cukup menjadi landasan serta acuan untuk menebak campaign-campaign apa yang seharusnya dilakukan di tahun 2013.

Presentasi Kedua oleh kak @ShafiqPontoh tentang APA ITU INSIGHT? Insight itu dapat dipahami dengan membedakanya dengan observasi. Observasi itu adalah segala yang bisa dilihat,dirasa, dicium. Sedangkan Insight tidak bisa dilihat dan dirasa. Lebih kepada kenapa itu bisa terjadi?

Pengguna Android pada tahun 2012 sangat tinggi menurut statistik akan terus bertambah. Kita bisa lihat statistik perkembangan pengguna Android tersebut. Itu Observasi. Sedangkan kenapa kok bisa terjadi seperti itu. Itulah Insight. Jadi apakah bisa dipahami?

Kalau masih belum paham ya mari tanyakan ke Om Shafiq untuk lebih juah dan detail ya..syumpah bukan saya yang bilang begitu. Itu adalah kata-kata Om Shafiq yang aku pahami kalau salah silahkan di kritik kalau benar kasih comment dunk πŸ™‚

Acara dilanjutkan ke presentasi ketiga dan keempat para peserta juga berdatangan dan terlihat banyak juga tidak mendapatkan kursi atau tempat duduk. Karena sesuai kesepaktan. acara tersebut dieperuntukkan untuk siapa saja akan tetapi 75 orang yang datang lebih awal berhak mendapatkan tempat duduk. Benar saja, menurut informasi malam itu yang datang sekitar 130 orang. Ini cukup luar biasa saya ucapkan untuk panitia yang mempersiapkan acara SMSChore.Diriku cukup terhormat bisa bertemu dengan para sesepuh, master dan suhu bidang dunia digital yang baru kukenal. Digital Agency seperti KlixDigital, XMgravity, dan CEO StartUp Lokal seperti IDBlognetwork, DailySocial.Net, dan banyak lagi yang lain yang belum bisa kusebutkan satu persatu dalam acara seru SMSChore malam itu. (Maaf sejauh yang aku tahu bisa ditambahkan)

Datang malam itu bareng dengan orang yang aku kenal dari beberapa acara Blogger baik itu @Blognusantara dan @BlogiliciousID Madura by @Plat_M (Nak-kanak Blogger Madura) yang terkenal dengan motto “Make Living by Coding” yaitu (@kukuhtw CTO Idblognetowork ) dan @leilafw. Karena banyaknya orang baru dan teman baru yang aku bisa temui pada acara seru SMSChore malam itu tidak mungkin dalam sekejap aku bisa menghafal seluruh peserta yang datang. Sedikit banyak baru tatap muka tanpa tahu nama, ada juga yang berjabat tangan sambil berkenalan serta bertemu teman-teman dunia digital seperti @rusabawean, @frenavit, @ilmanakbar, @ceritaeka , @leoniscret dan spesial thanks untuk Mbak Eno @nagacentil yang sudah mengenalkan dengan beberapa orang baru. (walau aku masih lupa-lupa ingat siapa saja waktu itu)

Ter-inspirasi dari artikel @stephawie (Community Celebratoire HootSuite ) tentang “preparation for networking” (Sayang belum beruntung bisa bertemu dengan Mbak Stephanie). Aku ber-inisiatif membuat sebuah list twitter smsc untuk mengingat dan merangkum beberapa orang baru yang menggunakan hastag #smschore malam itu sehingga mungkin bila saatnya nanti tiba untuk kopdar selanjutnya bisa bertambah dan semakin seru berteman dengan orang-orang hebat, follow orang-orang hebat di dunia digital, terjaring sekitar 35 orang dari 130 orang yang datang semoga bisa bertambah.

Intinya diriku beruntung bisa banyak belajar dari komunitas dan belajar dari pengalaman bertemu dengan banyak orang, semoga semakin banyak teman dan semakin banyak pengetahuan.

SMSCHore - Insight

Semoga kedepanya banyak acara yang membahas tentang dunia digital, trend sosia media dan seputar Internet. Semakin banyak acara semakin banyak kesempatan untuk belajar.

Salam kenal dari orang yang baru mengenal dunia digital.

@mdarulm

Comments
  1. Rizkyzone.com
    • MdarulM
  2. ria lyzara
    • MdarulM
  3. rotyyu
    • MdarulM
  4. tomi
    • MdarulM
  5. aqomadin
    • MdarulM
      • aqomadin
  6. Ceritaeka
    • MdarulM
  7. Anas
  8. Fikri El Frana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *