Harta Karun di Sepetang Bersama Blogger 2015

Pesan dari Sepetang Bersama Blogger 2015 : “Banyak orang terkenal karena blog, tapi setelah terkenal dan populer lupa dengan blog. Jangan Tinggalkan Blog!” kata Ncik Amir(CEO Denaihati network ) dalam sambutannya sekaligus membuka acara kopdar akbar Sepetang bersama blogger 2015 di Taman Cabaran, Putrajaya, Malaysia.

Rasa ingin tahu yang besar tentang duSepetang Bersama Blogger 2015  Blogger Indonesiania blogging di luar negeri membawaku bisa menghadiri acara super besar yang mengumpulkan lebih kurang 150 Blogger dari Malaysia, Brunei dan Indonesia. Blogger Indonesia yang beruntung menghadiri acara SBB2015 adalah mereka bunga-bunga desa pada masanya (Haha, ga boleh marah kalau puasa) yaitu Pungky, Mbak Winda, dan Una. Beruntung karena kami berempat terpilih sebagai perwakilan 5 blogger Indonesia mendampingi Ka Anaz untuk mengikuti acara Sepetang Bersama Blogger 2015 bersama YEOS Malaysia. Excited pool!

Kabarnya, acara  Sepetang Bersama Blogger 2015 menjadi tahun terakhir setelah 3 kali berturut-turut di laksanakan pada 2012,2013, dan 2014. Saya tetap berharap SBB masih tetap ada tahun depan dan bisa diundang lagi….mau..mau..mau banget  Amin. *Lirik Ncik Amir, Mas Eizil, Mas Masrukhin, Mas Shakkido, dan DenaiHati network * hehehe

Saya sangat bersyukur diberi kesempatan langka dan luar biasa bisa mengenal lebih jauh atmosfer dunia blogging melalui acara Sepetang bersama Blogger 2015 di Malaysia. Lalu, ilmu dan pengalaman apa saja yang bisa saya bawa pulang ke Indonesia? Banyaaak, banyaak bangeet dah…Setidaknya mulai dari acara Sepetang Bersama Blogger, Atmosfer dunia Blogging di Malaysia dan tentang hasil pusing-pusing (Jalan-jalan) seharian di Kuala-Lumpur Malaysia.

Awal kisah kita mulai dari…te..ka..ii eh te…ka..pe..dink. Saya berencana akan membuat beberapa postingan berbeda untuk beberapa hal yang menarik selama 3 hari dan 4 malam di Malaysia. Nah, untuk postingan pertama ini kita mulai dari cerita all about :

Sepetang Bersama Blogger 2015

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, konsep acara sepetang bersama blogger menjadi lebih fresh dan kreatif. Kami seharian mengikuti acara sepetang bersama blogger dengan konsep treasure hunt atau pencarian harta karun. Bukan hanya Bajak Laut Monkey D. Luffy dalam film ONE PIECE yang mencari harta karun menuju Laut grand line. Kami para blogger juga mencari sebuah harta karun dalam acara Sepetang bersama blogger. Tantangan, rintangan, tugas yang kami harus selesaikan juga tak mudah tapi kami siap hadapi.

Ada 6 titik check point harus kami lewati  yang sudah disiapkan panitia di Taman Cabaran, Putrajaya, Malaysia. Sebelum pencarian harta karun, seluruh blogger dikumpulkan untuk membuat barisan 8 orang ke belakang. Akhirnya terkumpul menjadi kurang lebih 9 kelompok. Dengan kecerdikan panitia, kami dari Blogger Indonesia semua terpisah dalam kelompok yang berbeda. Setelah terkumpul 8-9 orang, entah karena mimpi apa semalam, saya secara aklamasi ditunjuk sebagai ketua kelompok. Saat aku berusaha memberi penjelasan “Maaf, serius saya ketua kelompok? Saya dari Indonesia, Saya tak pandai berbahasa melayu” Mereka secara bersahutan menjawab : “Tak apa sebagai hormat tetamu dan tenang ibu-ibu disini suka nonton sinetron Indonesia.” Dengan wajah kaget akupun mencoba memahami mereka dan dengan muka heran aku mengiyakan saja tugas sebagai ketua kelompok.

Sebagai ketua kelompok, tugas pertama yang diberikan oleh panitia adalah membuat nama kelompok lengkap dengan yel-yel. Dibekali dengan beberapa lembar petunjuk, kami secara tim harus menyelesaikan tantangan dari checkpoint 1-6 dalam waktu tertentu. Aku lebih terkejut saat pemilihan nama kelompok, mereka setuju memilih nama kelompok kami dengan sebutan kelompok “telu” yang merupakan arti dari kelompok 3 dalam bahasa Jawa. This is so funny and happy…hahahaha

Sepetang Bersama Blogger 2015

Photo by : @Anazkia

Petualangan treasure hunt kita mulai dari sekarang! Cekidot

  • Check Point 1 :

Tantangan pertama adalah penugasan merangkai puzzle. Setelah terangkai ternyata kurang 1potongan puzzle, kelompok kami harus memanjat arena panjat tebing untuk mencarinya. Tantangan melatih ketelitian.

  • Check Point 2

Rintangan menyusun sebuah 3 balok dengan cara kerjasama tim. 1 orang bertugas sebagai orang buta, 1 orang lagi bisu dan sisanya hanya boleh berbicara. Orang buta bertugas menyusun 3 balok dengan arah yang ditunjukkan orang bisu, melalui suara kami orang buta menjalankan tugas. Sangat kreatif melatih kerjasama.

  • Check Point 3

Sebuah botol yeos harus miring bagaimanapun caranya. Dengan sebuah kecerdikan kelompok kami sukses menjalankan misi di checkpoint 3.

  • Check Point 4

Pada checkpoint 4 kami ditest secara individu soal pengetahuan tentang YEOS dan Malaysia. Aku orang terakhir dalam kelompok telu yang di test. Panitia menyodorkan pertanyaan, Siapakah duta YEOS Indonesia? Aku diam tak tahu tapi ada sedikit clue ada yang bernyanyi “Terima kasih cinta..untuk segalanya…” spontan aku jawab : Afgan! Betuuul… Kelompok telu sukses dan lanjut.

  • Check Point 5

Kekompakkan tim kembali diuji dengan 1 orang terpilih mendapat penugasan oleh panitia. Kami ditugaskan untuk welfie (Selfie rame-rame) dengan gaya berbeda yang sudah disesuaikan dan hanya boleh mengikuti arahan gerakan tubuh tanpa berbicara.

  • Check Point 6

Sebagai blogger, inilah tantangan terakhir, sebuah tantangan yang blogger bangeet. Kami ditugaskan live posting acara Sepetang Bersama Blogger 2015 . Apabila postingan tentang sepetang bersama blogger 2015 berada di page 1 google, maka kelompok tersebut akan mendapat nilai bonus. Belajar SEO itu baik kan buktinya bisa dapat bonus…#eaa

Setelah seluruh check point selesai dilaksanakan, lanjut ke acara Talkshow tentang dunia blogging mulai dari sejarah denai hati network dan atmosfer dunia blogging di Malaysia. Bagaimana orang-orang di luar sana nge-blog dan motivasi mereka nge-blog seperti apa? Hobi, Profesi atau Eksistensi. Tunggu di postingan saya selanjutnya ya….hehehe

Akhirnya saya merasa menemukan harta karun dari acara Sepetang Bersama Blogger di Malaysia yaitu kopdar blogger lintas negara di Malaysia bersatu menyelesaikan tantangan dalam teamwork dengan orang yang baru saya kenal, mendapat teman baru, pengetahuan baru serta pengalaman seru sekaligus lucu yang mungkin suatu saat nanti bisa diceritakan ke anak cucu. #eaaa

Sepetang Bersama Blogger 2015 Malaysia

Moment-moment indah lengkap selama 3 hari 4 malam disertai cerita bergambar bisa update di Instagram : MdarulM banyak pemandangan yang berbeda dari Indonesia serta bagaimana pengalaman saya berpetualang di Malaysia…

Terima kasih sudah menyimak cerita panjang Sepetang bersama blogger 2015, menurut man-teman mungkinkah acara yang serupa bisa diadakan pada kopdar akbar blogger di Indonesia?

Latest Comments
  1. Una

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.