Perpanjang SIM Daerah di Jakarta. Tak sampai 1 jam?

Perpanjang SIM ini hal yang kritikal. Karena kalau sampai telat 1 hari saja. Bisa ribet urusannya. Karena prosesnya udah sama seperti cara bikin SIM baru. Iya kan?

Tentu bagi para pekerja atau anak rantau yang sedang di perantauan. Perlu pertimbangan kalau pulang hanya demi ngurus SIM. Terlebih biasanya para pekerja atau anak rantau dapat libur pas moment lebaran seperti kemarin. Sayang kan cutinya kalau waktunya abis buat perpanjang SIM, mending waktunya buat keluarga dan dolan ke tetangga atau sanak famili kan?

Untuk itu, sangat diperhatikan untuk memperpanjang SIM sebelum masa aktifnya habis. Apabila perpanjang sim telat 1 hari, telat 2 hari, telat 2 bulan atau 4 bulan. Sudah jelas perlakuannya seperti bikin baru. KZL kan?
Nah, Kira-kira lebih enak kalau bisa perpanjang sim online. Perpanjang SIM dimana saja ga selalu di tempat lahir atau sesuai KTP. Apakah bisa memperpanjang SIM tapi tak perlu jauh-jauh mudik ke kampung halaman? Jawabannya BISA.

Simak pengalaman pribadi saya berikut, langkah-langkah mudah memperpanjang SIM daerah di Jakarta. Semuanya bisa Perpanjang SIM Online dan menurutku ga terlalu ribet. Bahkan untuk proses perpanjang SIM sampai kita dapat SIM baru ga sampai 1 jam. (based on my experience)

Kebetulan saya asli Jawa Timur. Sewaktu mudik lebaran kemarin emang rencananya mau perpanjang SIM. Asal diketahui saja, kampungku ke tempat untuk perpanjang SIM jaraknya sekitar 30-40 KM. Ini cukup jauh, karena saya lahir di desa sedangkan untuk urus perpanjang SIM memang harus di daerah kota/Kabupaten Tuban. Perjalanan kurang lebih 45-60 menit.

Saat itu, aku datang tidak pada waktu yang tepat, ternyata kantor samsat untuk urus perpanjang SIM belum buka, belum siap menerima untuk perpanjang SIM. Yaudah akhirnya sama Pak Polisi dibilangin kalau mau perpanjang SIM bisa online seluruh Indonesia. Yaudah, aku putuskan buat perpanjang SIM pas udah balik Jakarta.
Pas sampai Jakarta, cari-cari info gimana perpanjang SIM online. Dimana tempatnya sama temen-temen mafia UTM (Alumni Universitas Trunojoyo Madura di Jakarta). Disaranin bisa ke SIM keliling atau bisa langsung ke Pusat Metro Jaya.

Pengalaman teman yang berasal daerah, mending langsung ke Daan Mogot, karena disitu pusatnya. Biar ga ribet. Karena menurut pengalaman dia, pas mau perpanjang melalui SIM keliling, datanya belum ditemukan, karena belum diinput katanya. Disaranin ke Daan Mogot aja.

Perpanjang SIM

Yasudah, inilah langkah langkah saya mengurus perpanjang SIM daerah di Jakarta.
Apa saja yang perlu kami persiapkan, sebelum ke SAMSAT :

1. Fotokopi KTP (3-4 lembar)
2. SIM Asli
3. Fotokopi SIM

Bagaimana proses perpanjang SIM :
Ikuti instruksi berikut, sesuai urutannya ya,
1. Tes Kesehatan (25 Ribu)
2. Asuransi (30 Ribu)
Gedung terpisah, setelah itu kita diarahin menuju ke gedung SIM (Satpas Daan Mogot Metro Jaya)
1. Bayar Perpanjang SIM C (75 Ribu)
2. Isi formulir
3. Menyerahkan Formulir ke Loket 21 & 22
4. Pemanggilan untuk Foto
5. Penyerahan SIM
Kurang lebih butuh dana 150 ribu lah. Cukup simple. Kurang dari 1 jam, SIM baru sudah aku terima, kali ini yang berubah ada tanda “METRO JAYA” bukan JATIM lagi. Temenku bilang katanya terlihat lebih keren? apakah begitu menurutmu?

Perpanjang SIM

 

Yah kalau saranku sebelum berangkat, benar benar perhatikan dan persiapkan fotocopy dan kelengkapan untuk perpanjang SIM dari rumah. Seperti fotocopy SIM, KTP dan lain-lain agar lebih cepat, karena ya menurut pengalaman saya, disana banyak tempat fotocopy sih. Tapi agak mahal, 5000,- untuk 4 lembar fotocopy hehehe. Tapi ya ga masalah juga sih ya…

Oiya, untuk lebih sopan dan persiapan buat foto, kalau bisa pakai sepatu dan baju berkerah ya. Biar terlihat lebih cakep pas di foto SIM karena itu kan untuk 5 tahun dan seterusnya dan juga ya agar lebih menghormati kantor polisi lah yak. Kalau bisa jangan pakai sendal jepit dan kaos oblong, apalagi pakai celana pendek. Kamu kira itu your grandfather’s office…

Kantor polisi tetap aja harus dibedakan dunk ya dengan ke pasar. Sebagai warga negara yang baik kita harus menghormati pihak yang berwajib begitu lah ya?

Mungkin segitu dulu ya…
Kalau misal ada yang ingin ditanyakan, silahkan comment-comment disini. Kalau bisa nanti aku bantu jawab deh ya…

Comments
  1. aqied
    • MdarulM
  2. tomi
    • MdarulM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *