Gmail Penuh, Tidak Bisa Kirim Email. How?

Ketika ada pemberitahuan, “Maaf Anda tidak bisa kirim email dan tidak bisa menerima email karena gmail penuh”. Saya sempat panik, karena saat itu saya sedang reset password dan  menunggu sebuah email baru. Tapi, karena gmail saya penuh, akhirnya terjadi insiden tidak bisa menerima email dan tidak bisa kirim email. Kemudian saya mencoba menenangkan diri dulu dan mencari cara agar bisa kembali menggunakan email saya seperti biasanya. Dan berikut ini cara mengatasi gmail penuh, tidak bisa terima dan kirim email. Sebagai berikut :

Apabila anda menggunakan gmail, perlu diperhatikan terlebih dahulu dan pastikan apakah benar kuota gmail Anda yang penuh? Karena google selaku pemilik gmail memberikan ruang kosong sebesar 15 GB bagi setiap pengguna akun gmail. Dan yang perlu diperhatikan, 15 GB yang disediakan oleh google ini terbagi di 3 ruang. yakni : Google Drive, Gmail, dan Google+ Photos.

Gmail Penuh tidak bisa kirim email

Gmail Penuh tidak bisa kirim email

Cara untuk mengecek ruang kosong yang anda miliki saat ini dengan cara, login gmail dan klik “kelola” atau apabila Anda menggunakan gmail bahasa inggris bisa dicari “manage” di bagian paling bawah inbox email.

Setelah saya pastikan, bahwa penggunaan terbanyak yang membuat penuh Drive Storage 15 GB tersebut adalah gmail. Maka langsung saja saya cek bahwa saya terlalu banyak menerima dan mengirim email dengan attachment, sehingga gmail saya penuh. Artinya saya perlu mengosongkan inbox saya.

Permasalahan muncul ketika saya hanya bisa menghapus 100 email sekaligus, sedangkan email saya lebih dari 40.000an inbox, sehingga saya perlu hapus dan centang dari halaman per halaman. Sehingga saya mendapatkan sebuah cara dari akun @GoogleId dari twitter. Caranya :

  Setelah itu sukses sesuai arahan dari akun google Indonesia dengan menghapus 40.000an inbox.  Namun, masalahnya setelah saya kembali cek di “kelola” ternyata ruang yang tersisa masih sama tidak berkurang, padahal sudah ada keterangan 40.000an email sudah terhapus. Ternyata, usut punya usut 40.000an email yang terhapus tersebut masih “nyantol” di folder “trash” sehingga masih dideteksi berada di gmail kita. So, saya hapuslah permanen 40.000an email dari trash dan Taraaaaa…setelah saya cek, ruang tersisa dari 15 GB tersebut bertambah.   Dengan kembalinya ruang 15 GB yang tersedia tersebut secara otomatis saya bisa kembali menerima email dan mengirim email baik dari yahoo, outlook, dll. Permasalah tidak bisa terima dan kirim email status :Resolved ehehehe   Semoga bermanfaat karena membaca sharing pengalaman saya dalam hal menggunakan gmail. Oiya sekedar tips, penuhnya akun gmail saya dikarenakan saya terlalu banyak ikutan milis atau group email yang memiliki anggota ratusan dan sering mengirim attach file yang bahkan tidak saya baca atau terlalu sering saya ikuti pembahasannya. Jadi, saran saya secara selektif ikutlah milis yang benar-benar ingin diikuti, agar tidak asal subscribe yang justru memenuhi ruang di gmail Anda.   Atau FYI, apabila Anda tak ingin menghapus inbox di gmail, Anda bisa menggunakan cara berikut yaitu menambah drive storage Anda sebagai berikut :    

Apabila masih ada yang tidak bisa kirim email atau terima email, silahkan ngobrol bebas dengan menghubungi saya di twitter @mdarulm selama bisa saya siap bantu ya….

Comments
  1. @kakdidik13
  2. Muhamad Ramadani
  3. indahjuli
  4. Ashlan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *