Firefox OS App Days 2013 Sersan! (Serius tapi Santai)

Firefox OS App Days adalah acara yang diselenggarakan serentak dan dilaksanakan di pelbagai negara di belahan dunia. Firefox OS App Days merupakan rangkaian acara yang digelar untuk merayakan kehadiran Firefox OS dalam kurun waktu 19-26 Januari 2013. Indonesia beruntung menjadi tuan rumah salah satu penyelanggara acara yang langka dan luar biasa berskala internasional tersebut.

Indonesia terpilih menjadi salah satu penyelanggara acara Firefox Os App Days ini karena menurut penuturan ketua panitia @VikingKarwur karena ” Indonesia mempunyai kultur pengguna internet yang terus berkembang pesat salah satu negara dengan pengguna Mozilla Firefox terbesar serta mempunya komunitas Mozilla yang kreatif”

Selain itu, keaktifan komunitas Mozilla Indonesia menjadi salah satu pertimbangan mengapa Indonesia dipilih menjadi salah satu penyelenggara Firefox OS App Days tersebut.

Saya beruntung bisa menghadiri acara yang diadakan bulan lalu sebuah acara yang langka dan luar biasa tersebut saat mengikuti kuis di akun @Id_Mozilla yang memberikan 2 orang hadiah kejutan malam hari sebelum hari H . Pemenang tersebut berhak mengikuti acara Firefox OS App days tersebut. Maklum saja, tidak semua peserta bisa mengikuti acara tersebut. Menurut panitia kuota habis di hari pertama pendaftaran dibuka. Dari 200 Peserta akhirnya dipilih dan dipilah hanya 120 orang saja yang bisa dan terpilih mengikuti rangkaian acara Firefox Os App Days tersebut.

Hal ini dikarenakan ada 2 tipe peserta yang menghadiri acara yang bertajuk Hack, Learn and Celebrate Firefox OS tersebut yaitu :

1. Public/Student

2. Developer

Public/Student adalah peserta yang umum atau pelajar yang ingin mengenal lebih jauh Firefox OS tersebut.

Developer adalah orang yang sudah terbiasa dengan masalah coding dan design sebuah program karena dalam rangkaian acara Firefox Os App Days tersebut memang ada sesi khusus dimana seluruh peserta bekerja bersama untuk membuat program.

Tentunya membuat program atau ngoding setelah mendapatkan arahan dari pemateri yang berkompeten di Firefox OS. Berikut ini adalah runtutan acara selama mengikuti acara FirefoX Os Apps Days tersebut :

Learn

Sesi Learn disini kita disuguhi materi tentang Introduction to Firefox OS, Marketplace, Web Apps, Firefox Simulator) oleh Evelyn Hung ( staf Mozilla Taiwan & Firefox OS developer Gaia) . Selain itu Tim Chien (staf Mozilla Taiwan) juga memberikan penjelasan tentang “Firefox OS Internals” kepada peserta FirefoxOSAppDays, remote via Skype.

Firefox OS : MdarulM dan Evelyn Hung

Firefox OS : MdarulM dan Evelyn Hung

Materi dapat dilihat disini :

Hack

Sesi yang membutuhkan kerja keras otak dan ide yang muncul dengan dukungan ketersediaan API terbaru yang diberikan oleh Firefox OS. Berbagai ide muncul dari beberapa peserta yang sudah dibuat 4 kelompok dan setiap kelompok terdiri dari peserta Public dan Developer.

Celebrate

FirefoxOsAppDays ini diselenggarakan untuk menyambut kehadiran sistem operasi mobile terbaru dari Mozilla yaitu Firefox OS. Peserta merayakan dengan membuat sebuah program-program atau hackathon dengan menggunakan API yang tersedia di Firefox OS tersebut.

Community

Acara ini menambah list terbaru mengenai pengalaman pribadiku mengikuti acara komunitas setelah sebelumnya mengikuti acara Kopdar komunitas SMSC (Social Media Strategist Club) . Acara komunitas selalu deh bisa membuat kita belajar. belajar banyak hal dari berbagai sudut pandang, belajar ngoding, belajar bersosialisasi dan belajar apa saja deh. Dan siapa tahu ketemu jodoh? #halah #abaikan πŸ™‚

Nice Doorprize

Kesempatan yang menarik ini, saya beruntung berhasil memenangkan undian Doorprize sebuah Tas keren model terbaru dari Bodypack. Namun, ada yang lebih beruntung yaitu yang memenangkan Smartphone SmartFren Android. Acara ini di sponsori oleh Bodypack dan Smarfren juga.

Cerita diatas adalah pengalaman pribadi mengikuti acara #FirefoxOsAppDays. Berikut ini adalah beberapa pengertian isitlah dan tambahan wawasan untuk pembaca http://mdarulm.net

FirefoxOSAppDays : Event langka yang hanya diadakan kurang lebih 25 Negara Di dunia, 6 di Asia Indonesia beruntung bisa melaksanakan Event luar biasa ini di Jakarta. Dan penyelenggara pertama setelah Firefox OS AppsDays pusat.
@Id_mozilla : Komunitas Mozilla Indonesia merupakan panitia pelaksana event Firefox OS Appdays yang sukses dan berhasil di laksanakan di Jakarta.
ReMo : Representative Mozilla, merupakan orang-orang yang berbasis daerah berkontribusi dan aktif dalam project mozilla dan ikut andil dalam acara-acara atau Project Mozilla.
Firefox OS : Sistem Operasi Mobile yang rencanany akan dilaunching tahun 2013 berbasis HTML 5, CSS, dan Java Script yang juga menyediakan Firefox Market Place untuk para Developer(pengembang) untuk lebih produktif karena tersedian banyak API terbaru dari Mozilla.

Peserta Firefox OS App Days

Firefox OS App Days : diadakan di Hotel Borobudur Jakarta (Sumba Room) pada Senin, 21 Januari 2013
Comments
  1. tiwwidy
    • MdarulM
  2. rotyyu
    • MdarulM
      • rotyyu
  3. tomi
    • MdarulM
  4. Kucing Dolby
    • MdarulM
  5. farizalfa
    • MdarulM
  6. Berita Terkini
    • MdarulM
  7. rara
    • MdarulM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *