Cara Nge-Print Lewat Android Smartphone?

Bagaimana sebenarnya cara ngeprint lewat android smartphone? pertanyaan itu akhirnya bisa terjawab dengan perkembangan teknologi yang terus melaju pesat.

Dengan menghadiri sebuah acara yang bertema “workplace of the future” dari HP awal Mei lalu saya dapat melihat secara langsung bagaimana cara mudah dan praktis ngeprint lewat smartphone. Inovasi HP membawa sebuah terobosan teknologi printing untuk kantor secara modern.

Dengan merilis dua model printer canggih yaitu HP Color LaserJet Pro M252 series dan HP color LaserJet Pro M277 series. HP membuat kebiasaan lama nge-print secara manual akan tersaingi. Karena cukup dengan menggunakan smartphone yang kita genggam setiap hari kita bisa langsung mencetak dokumen tanpa perlu ribet memindahkan data ke laptop/PC.

HP merupakan salah satu pemain besar dalam dunia teknologi. Kalau ada yang belum tahu perusahaan HP simak penjelasan singkat perusahaan HP yang dikutip dari wikipedia berikut ini:

“Hewlett-Packard Company NYSE: HPQ, dikenal umum sebagai HP, adalah salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar dunia. Hewlett-Packard dibangun oleh dua orang yang bernama Bill Hewlett dan Dave Packard. Bermarkas besar di Palo Alto, California, Amerika Serikat, perusahaan ini memiliki keberadaan global dalam bidang komputasi, percetakan, dan gambaran digital, dan juga menjual perangkat lunak dan pelayanan jasa lainnya.”

Pada acara tersebut, HP memperkenalkan sekaligus mendemokan cara nge-print dari smatphone dengan menggunakan printer terbaru yaitu HP Color LaserJet Pro M252 dan HP Color LaserJet Pro MFP M277. Kedua printer tersebut merupakan hasil penyempurnaan printer-printer laserjet sebelumnya dengan spesifikasi lebih ramping, lebih kecil dan diklaim 30 % lebih rendah penggunaan energi sehingga lebih hemat listrik.

Langkah-Langkah Ngeprit Lewat Android Smartphone

Pada saat didemokan, kita menggunakan Printer Laserjet Pro M252 berikut step by step nge-print via handphone :

  1. Pertama yang perlu kita lakukan adalah nyalakan fasilitas wifi yang ada di smartphone.
  2. Kemudian secara peer to peer hubungkan wifi smartphone dengan printer HP laserjet Pro M252.
  3. Apabila sudah terhubung, maka kita bisa langsung ngeprint file apapun sesuai dengan keinginan kita.

Untuk koneksi dari smartphone ke printer sendiri tidak hanya dilakukan via wifi secara peer to peer tapi juga ada pilihan lain yakni, via email. Artinya? Setiap printer mempunya alamat email. Kita bisa mencetak dokumen hanya dengan mengirimkan ke alamat email printer tersebut. Tentunya untuk cara yang satu ini pastikan koneksi internet sedang ON, Nah setelah itu secara otomatis akan melakukan cetak dokumen. Cukup mudah dan praktis kan?

Cara Print Lewat Android

 

Lalu, bagaimana kalau orang lain tahu alamat email printer dan mengirimkan file ke alamat email printer? Tenang, menurut penjelesan, HP sudah mengantisipasi hal tersebut dengan cara melakukan list email mana saja yang boleh mencetak dokumen. Jadi, tidak serta merta semua email bisa melakukan proses cetak dokumen, namun hanya email yang terdaftarlah yang bisa melakukannya. Jelas?

 

Print Lewat Android

Dengan 2 varian printer HP laserjet tersebut, HP menginginkan bisnis lebih efisien. Pada acara HP workplace of the future, selain mendemokan bagaimana cara ngeprint dari smartphone. HP sebelumnya juga melaunching beberapa produk futuristik mereka dengan berbagai macam varian. Tidak tanggung-tanggung ada 8 varian produk HP yang dirilis untuk memenuhi kebutuhan mobile manusia.

8 Varian produk HP tersebut yakni :  HP Pro Slate 8 dan HP Pro Slate 12, HP Elite x2 1011 G1, HP Pro Tablet 408 G1,HP Retail case for Elite Pad, HP EliteBook Folio 1020, dll.

Bagaimana menurutmu, apakah produk baru HP ini bisa menggantikan printer manual?

Latest Comments
  1. aya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.