Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Awet? Perhatikan Hal Berikut :

Sudah banyak orang tahu salah satu kendala Smartphone saat ini adalah tentang kapasitas dan ketahanan baterai Smartphone. Saat Smartphone digunakan untuk melakukan browsing, multitasking, bermain game atau beberapa kegiatan berat lain. Smartphone perlu sumber daya yang cukup banyak sehingga baterai akan cepat habis. Terlebih lagi bila aktivitas yang tinggi dalam keseharian bisa 2, 3 kali bahkan lebih untuk nge charge dalam sehari. Hal ini cukup merepotkan juga apabila ketika charge smartphonemembutuhkan waktu lama supaya bisa penuh tapi ketika dipakai eh cepat habisnya. *Kalau kata Cita Citata: “Sakitnya tuh disini”….hehehehe

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghemat baterai smartphone agar awet dan bisa tahan lebih lama. Perhatikan Hal berikut agar baterai Smartphone awet :

  • Kill atau End task aplikasi yang tidak digunakan.

Beberapa aplikasi bisa berjalan tanpa terlihat dan tetap berjalan di background, hal ini juga membutuhkan sumber daya layaknya virus meski tak terlihat tapi bisa dirasakan karena cukup berpengaruh menghabiskan baterai Smartphone.

  • Perhatikan Pilihan Mode Getar (vibrate)

Beberapa mode getar ternyata tidak baik untuk daya tahan baterai smartphone. Sebaiknya hilangkan beberapa macam getaran, seperti keypress yang getar. Karena mode getar tersebut juga membutuhkan sumber daya baterai yang lebih banyak.

  • Matikan Wi-fi dan Bletooh Bila tak digunakan

Pastikan selalu dalam keadaan turn off apabila Wi-fi atau Bluetooth tidak sedang digunakan, hal ini bisa membuat baterai boros karena saat kita tidak memerlukan mode wi-fi atau Bluetooth proses pencarian hotspot atau bluetotth tetap berjalan dan membutuhkan tenaga baterai yang bisa membuat baterai cepat habis.

  • Matikan Juga GPS (Location)

Jangan lupa untuk selalu mematikan kembali fungsi GPS atau location di Smartphone setelah digunakan. Hal ini demi menghemat penggunaan baterai Smartphone, sebaiknya bila tidak dalam keadaan mendesak atau sangat terpaksa lebih baik dimatikan dan bila sedang mencari jalan atau alamat mungkin bisa gunakan cara GPS yang lain yaitu (Gunakan Penduduk Sekitar) J. Cara lama tapi cukup ampuh serta biar tidak terkesan anti sosial dan melulu mantengin gadget kita kan. J

  • Kurangi Brithness Layar

Sebaiknya kurangi kecerahan secara manual dan aturlah di tingkat rendah senyaman mata memandang Smartphone. Karena kecerahan layar berpengaruh besar dalam penggunaan baterai. Serta hindari penggunaan Wallpaper atau theme bergerak hal ini juga cukup menguras sumber daya baterai. 

Hal lain yang perlu diperhatikan dari smartphone adalah kinerja processor didalamnya  karena prosesor adalah jantung dari Smartphone tersebut. Pemilihan Chipset Processor yang mumpuni dengan managemen proses yang baik dan efisien juga sangat berpengaruh terhadap ketahanan baterai smartphone.

Perkembangan teknologi tersebut telah memunculkan salah satu Chipset yang sangat baik untuk pemrosesan dan multitasking yaitu Chipset Snapdragon 801. Salah satu kelebihannya adalah CPU dalam prosesor Snapdragon dibangun khusus untuk menangani pekerjaan terberat – dan cukup cerdas untuk menurunkan daya saat bagian lain dari prosesor melakukan pekerjaan sekaligus menggunakan lebih sedikit daya. Bahkan Chipset Snapdragon 801 diklaim 75% lebih cepat dalam hal pengisian baterai.

Snapdrgaon 801-  Oppo N3

Snapdrgaon 801- Smartphone Oppo N3

Chipset Snapdragon 801  merupakan chipset yang sudah banyak digunakan di Smartphone terbaik di dunia salah satunya dibenamkan pada Smartphone Oppo N3. Ponsel Oppo N3 dengan dukungan Processor Snapdragon 801 ini memiliki koneksi tercepat, kinerja terbaik, daya tahan baterai terbaik, dan terbaru dalam multimedia dan kamera fitur. Beberapa kelebihan lain diantaranya adalah :

  • Bisa digunakan untuk koneksi cepat 4G/LTE.
  • Dapat mendukung kamera ponsel yang paling kuat dengan teknologi khusus untuk memungkinkan lebih banyak megapixel, autofocus lebih cepat, dan terbaik dalam fotografi cahaya rendah.
  • Dapat menampung 4K Video.Video capture UltraHD (empat kali kepadatan pixel 1080p)
  • Memberikan suara berkualitas bioskop untuk video dan musik.

Bicara soal ketahanan baterai Smartphone agar awet memang tidak hanya dari sisi kapasitas baterai tersebut tapi juga  soal penggunaannya, serta perhatikan “jeroan” yang ada dalam smartphone yang digunakan. Agar tidak menyesal setelah membeli Smartphone.

Apabila ada yang ingin berbagi pengalaman tentang cara menghemat baterai smartphone, silahkan kirim komentar kira-kira bagaimana tips dan trik agar baterai smartphone lebih awet?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *