#BloggerBicara All About Komunitas : Masalah, Solusi dan Berbagi

Blogger Bicara merupakan salah satu rangkaian acara Festival TIK 2013 yang diadakan di Jatim Expo tanggal 24-26 Mei 2013. Untuk acara Blogger Bicara bertempat di di Coffe Toffe JX Surabaya.  Blogger bicara ini di desain oleh BlogDetik bekerja sama dengan dBloggerSuroboyo dan Relawan TIK pada tanggal 26 Mei 2013 mulai pukul 18.30 WIB. Acara Blogger Bicara ini sangat menarik dan banyak cerita seru serta pengalaman baru karena membahas A-Z masalah komunitas dari  masalah yang dihadapi di komunitas dan pengalaman selama berkomunitas bisa dibicarakan saat duduk bareng dengan kurang lebih 120 Blogger yang datang malam itu.

Jujur saja awalnya kedatangan saya pada acara acara #BLoggerBicara tersebut hanya ingin memberi kejutan untuk @TiwwiDY dan @Slvapple 2 srikandi blogger Kediri yang sempat merayu diriku untuk datang ke acara Festik 2013 dengan membawakan makanan khas kediri kesukaanku yaitu Tahu Takwa.

Sempat aku bilang tidak bisa hadir, maaf karena sedang menjadi mahasiswa tingkat akhir yang belum berakhir dan mengejar deadline. Akan tetapi demi menyambung silaturahhim akhirnya  saya putuskan datang juga dengan mengajak temanku @Choitul Blogger Jombang ke Acara Blogger Bicara tersebut. Tujuan utama saya menjemput Tahu Takwa nah karena mereka tidak tahu saya akan datang ya mereka gak bawain aku tahu takwa deh 🙂 (deng dong)

Kembali ke acara Blogger Bicara, kedatangan kami sekitar pukul 19.00 di Surabaya setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Madura melewati Suramadu yang saat itu sedang bulan purnama dengan pemandangan sinar rembulan memantulkan sinarnya ke laut dibawah jembatan suramadu serta bertepatan dengan malam minggu its so amazing cuy. But, rasanya hambar karena saya harus membonceng temenku si @choitul. Iya bukan membonceng cewek cantik gitu… malam minggu suram…#halah #abaikan.

Saat kami datang ke Coffe Toffe kami sudah disambut dengan makan malam lontong sate yang tepat disaat perut kita lapar dan disambut oleh pembawa acara gokil @KarelAnderson (Community Development Blogdetik) yang super gokil.

1 Poin plus untuk Acara Blogger bicara “ #BloggerBicara mengerti kemauan blogger bahkan sebelum blogger memulai untuk bicara (Datang Langsung Makan)”. 😀

Selanjutnya, acara dimulai dengan cukup menarik tidak terlalu formal lebih terkesan rame dan seru dengan cara pembentukan kelompok-kelompok yang tiap kelompok terdiri kurang lebih 10 orang. Kala itu terdapat kurang lebih 6 kelompok yang kemudian disuruh menentukan sendiri ketua kelompok, nama kelompok, yel-yel kelompok dan deskripsi singkat kelompok tersebut yang kemudian disebut sebagai komunitas. Selang beberapa waktu terbentuklah komunitas-komunitas tersebut.

Yang menarik, e la dalah saya ditunjuk oleh teman-teman sebagai ketua komunitas tersebut, sehingga saya mulai dengan “apa nih enaknya nama kelompok kita?” sempat hening memikirkan nama kelompok kemudian saya bilang “saya disini datang sebenarnya untuk menjemput Tahu Takwa, kalau saya dijadikan ketua, kalau saya harus ngasih nama ya Tahu Takwa aja” diselingi tawa dan senyum teman-teman 1 kelompok tersebut dan akhirhirnya disepakati nama komunitas/kelompok kami adalah “Tahu Takwa” mereka setuju katanya itu unik. Itulah awal mula nama “Tahu Takwa” sebagai nama kelompok kami yang terdiri dari :

Saya (@MdarulM), Lukman (Blogger Madura), Tiwwi (Blogger kediri), Choitul (Blogger Jombang), Agus (Blogger UPN), Mbak Illah (Plurk Surabaya), Mbak Risma (Plurk Surabaya), Mas Rahman, Fadly (Blogger Bojonegoro), Fauns (Blogger Bojonegoro).

Kelompok Tahu Takwa neh, kelompok saya :)

Kelompok Tahu Takwa neh, kelompok saya 🙂 Photo by Blogdetik

Ketua sudah terpilih nama kelompok pun sudah terpilih serta kelompok lain pun sudah terbentuk dengan nama unik masing-masing. Berikut  nama-nama komunitas yang terbentuk tersebut :

  1. Mata Hati
  2. SusiMala
  3. Basa Mami
  4. Detak
  5. PeCinta Sate
  6. Tahu Takwa

Setelah nama kelompok sudah terbentuk teman-teman yang kurang lebih 120 orang Blogger dengan 6 kelompok tadi diberikan pesan menarik bahwa” disini tidak ada 1 pemateri dan 100 pendengar/peserta saja akan tetapi disini ada 100an blogger dan semua akan menjadi pemateri” oleh karena itu silahkan didiskusikan kira-kira apa saja sih permasalahan yang muncul dalam sebuah komunitas kalian?

Setelah diskusi panjang lebar dan seru akhirnya acara tersebut berlangsung cukup menarik dengan perbincangan yang berbobot dan terkesan funny tapi cukup mengena di hati, terlebih ngomongin banyak hal dan masalah yang kerap terjadi dalam komunitas. Ini acara keren, informatif dan solutif serta cukup atraktif yang pernah aku ikuti, tidak terkesan formal tapi sungguh cukup fenomenal #halah pokoknya iyah keren bangeet lah tapi lebih keren mengikuti secara live acara Blogger Bicara daripada cuman baca postingan ini 😛 hehehe

Berikut ini sebagian pembahasan mengenai masalah komunitas yang sempat di diskusikan di Blogger Bicara tersebut :

  • Bagaimana menyikapi perbedaan pendapat, perbedaan kepentingan, perbedaan motivasi dalam komunitas?

Anggaplah perbedaan sebagai hikmah, perlu banyak hal membuat perbedaan menjadi seru dengan kita perlu membuat acara kumpul-kumpul bareng dan acara rutin untuk lebih banyak bertemu agar terjalin ikatan emosional. Agendakan rutin pertemuan antar komunitas karena semua bisa dibicarakan.

  • Dalam komunitas, perlukah adanya seorang ketua?

Komunitas adalah organisasi tanpa bentuk, komunitas cari , adanya ketua itu lebih tepatnya adalah untuk mudah dalam mengkoordinasi anggota lebih tepatnya pilihlah seorang Koordinator bukan seorang ketua serta kepengurusan yang sederhana (Ketua, Sekretaris, bendahara) yang terpenting komunitas tersebut dapat berjalan. Komunitas berbeda dengan organisasi karena komunitas sifatnya lebih cair  jadikanlah komunitas tempat berbagi dan tidak mengikat namun tetap berjabat erat.

  • Adakah saran atau berbagi pengalaman untuk komunitas yang baru terbentuk?

Buatlah agenda rutin tiap minggu atau perbulan. Segera bentuk kepengurusan yang sederhana untuk memudahkan koordinasi antar anggota. Perbanyak bikin kegiatan untuk merangkul anggota baru. Rangkul dan ajaklah mereka serta kasih kerjaan kepada mereka agar mereka merasa memiliki komunitas tersebut dan merasa dibutuhkan oleh komunitas tersebut.

Pada akhirnya, diskusi terbuka tentang komunitas tersebut pun diakhiri dengan beberapa fun games dan penghargaan terhadap komunitas-komunitas yang aktif, kreatif, dll. Beruntung sekali kelompok Tahu Takwa mendapat predikat kelompok paling kreatif dan kelompok yang memberikan permasalah yang menarik untuk dibahas serta mendapatkan hadiah dari Sponsor 5 buah Gudibeg dari QWORDS.com yang diperuntukkan oleh 1 kelompok sebanyak 10 orang.

So bagaimana membaginya? Yah entahlah yang pasti malam itu tidak terjadi korban jiwa dalam hal pembagian gudibeg tersebut. Sebagai seorang ketua cukup bersyukur lah tapi tidak cukup bersyukur karena yah sebagai ketua saya tidak dapat gudibeg tersebut. No Problem!  itu bukan hal yang cukup penting dan bukan masalah besar tapi berkesan sih. 🙂 Kemudian kelompok lain ada juga yang mendapatkan Voucher Belanja 1 juta dari @mbathitis, Power Bank, Helm ekslusif dan masih belum tahu siapa pemenangnya ada Samsung Galaxy Tab yang disponsori oleh Honda, serta sponsor lain seperti Pandi yang memberikan domain gratis selama setahun bagi pemenang fun game serta ada juga lho hadiah-hadiah lain, ini sponsornya baik-baik bener yah dan ini baru penting, kenapa harus kelompok lain sih yang dapat? #halah #tetep  #Hidup Blogger gudibeg

DoorPrize Blogger Bicara Photo by Blogdetik

DoorPrize Blogger Bicara Photo by Blogdetik

Tujuan saya mendapatkan Tahu Takwa pun tidak berhasil tapi saya tidak menyesal datang ke acara Blogger Bicara, karena banyak hal yang bisa di share dari kita ber-komunitas. Dari komunitas kita bisa banyak belajar dan tentu saja itu yang membuat saya suka berkomunitas. Selalu ada ilmu tanpa batas dalam sebuah komunitas.

“Blogger Bicara ini adalah acara yang menarik karena acara ini  dikemas dari komunitas, oleh komunitas dan untuk komunitas.”

Blogger Ceria di Blogger Bicara

Blogger Ceria di Blogger Bicara

Blogger Bicara dihadiri oleh peserta dari Blogger Bojonegoro, Blogger Malang, Blogger Maros, Blogger Dpuma, Blogger Detik Surabaya, Blogger Plat-M, Blogger Plat-M, Relawan TIK dan banyak lagi…

 Blogger Bicara di Surabaya merupakan acara yang kedua setelah sebelumnya acara serupa dilaksanakan di Jakarta.

Setiap komunitas pasti punya permasalahan masing-masing tapi saya yakin semua bisa dibicarakan dan diselesaikan bersama. So, apakah permasalahan komunitas kalian yang ingin dishare? Mungkin para pembaca bisa memberikan solusi serta inspirasi juga 🙂

Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua.

Comments
  1. papapz
    • MdarulM
    • KHARIS A. ARIEF
  2. Ahmad Faza
    • MdarulM
  3. tomi
    • MdarulM
  4. duniaely
  5. duniaely
    • MdarulM
  6. farizalfa
    • MdarulM
  7. arif
    • MdarulM
  8. mekanikkomputer
    • MdarulM
  9. bocah petualang
    • MdarulM
      • bocah petualang
        • MdarulM
  10. Max Manroe
    • MdarulM
  11. hanifa
    • MdarulM
  12. SlameTux
    • MdarulM
  13. Dita Mustika
    • MdarulM
  14. Nenden SAN | @nden
    • MdarulM
  15. Putrie Jrs
    • MdarulM
  16. Ahmad Fendi
    • MdarulM
  17. yudha satya
    • MdarulM
      • yudha satya
        • MdarulM
  18. Choitul
    • MdarulM
  19. Zippy
  20. sutopo
  21. danieshalfie
  22. ngawidian.com
  23. suplemen fitnes
  24. sri wahyuni
  25. alfa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *