Apa itu Twitter? Perbedaan Twitter dan Facebook

Suatu pagi muncul inpirasi menulis yang berawal dari sebuah kata kunci yang masuk di blog http://mdarulm.net yang berbunyi “twiter itu apa sih dan cara menggunakan twiter yang benar gimana?” pada postingan saya sebelumnya tentang panduan twitter untuk pemulacara menggunakan twitter? pahami dulu istilah-istilah twitter“. Saya akan menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan pengamatan saya pribadi dan jawaban saya ini khusus saya tujukan bagi para pengguna yang belajar Twitter untuk pemula atau para pengguna Facebook yang baru bergabung dengan Twitter simak jawaban saya berikut ini :

Apa itu Twitter dan perbedaannya dengan Facebook? :

Twitter adalah sebuah social media atau sering disebut micoblogging yang menyajikan kesederhanaan dan lebih menjaga privasi. Karena keterbatasanya untuk membuat tweet (status) yaitu 140 karakter para tweeps (pengguna twitter) dituntut untuk se-kreatif mungkin membuat tweet yang benar-benar sesuai tujuan tweet tersebut. Twitter benar-benar berbeda dengan social media lain seperti facebook misalnya saat posting status di facebook anda berharap ada yang komentar. Namun, apabila anda menggunakan Twitter mulai biasakanlah untuk memberikan informasi karena Twitter lebih bersifat informatif, kreatif dan galau produktif.

Iya, banyak orang di Twitter untuk berbagi informasi dan membuat tweet yang keren, kreatif dan produktif meskipun suasana hati tidak dalam kondisi positif(galau). Kalau ada yang menggunakan twitter untuk galau, mengeluh dan resah gelisah. Ya siap-siap saja anda tidak ada follower atau di unfollow pengguna Twitter yang lain akan tetapi memang kita tidak bisa melarang orang untuk menggunakan Twitter untuk apa tapi kalau anda masih menggunakan Twitter dengan bermental Facebook sepertinya anda tidak akan betah lama-lama menggunakan twitter.

Karena setiap orang punya kecocokan sendiri-sendiri untuk menggunakan social media. Saya suka menyebut ini : Facebook untuk sarana berjejaring dengan teman-teman lama. Anda galau, mengeluh dan status pribadi sudah jadi biasa, Twitter itu untuk mencari informasi atau membuat informasi.

Mungkin yang menjadi dasar bukti perbedaan Twitter dan Facebook adalah cara menyapa orang pertama kali membuka facebook atau twitter yaitu :

Facebook : Apa yang anda pikirkan? Orang cenderung menulis status yang ada di pikiran seperti : masalah, pacar, kehidupan pribadi, hutang dll

Twitter : What happening? Apa yang terjadi? Orang cenderung mengabarkan keadaan sekitar, informasi sederhana dan bersifat informatif.

Jadi, bila anda baru menggunakan Twitter cobalah untuk memberikan manfaat dengan berbagi informasi terlebih dahulu dan kemungkinan anda akan menemukan orang-orang yang sesuai dengan minat dan bakat anda.

Btw, jangan suka mengeluh dan galau ya…tapi boleh ngeluh boleh galau asal tetap kreatif, inspiratif dan produktif 🙂

Oiya saya juga sedang berusaha belajar produktif untuk memberikan informasi di twitter saya @MdarulM silahkan follow dan yuuk kita berbagi informasi ya 🙂

Bagaimana menurut kalian Rangeer?

Keep Tweeting

Comments
  1. Indah Juli
    • MdarulM
  2. Rizkyzone.com
    • MdarulM
  3. budi yanto
  4. budi yanto
  5. Gede Ardi
    • MdarulM
      • wijaya
  6. husein
  7. grosir mukena katun jepang
  8. oyong Ilham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *