Algoritma Baru Google, Bagaimana Agar Blog Kamu Disukai Google?

Google telah merilis algoritma terbaru 2015, algoritma baru google ini memiliki kemampuan untuk menurunkan ranking blog yang tidak sesuai dengan yang dicari google. Istilahnya algoritma baru google akan menurunkan ranking atau pencarian pertama di search engine terhadap blog-blog yang tidak disukainya, hampir seperti cewek, suka sensitif #GoogleMahGituOrangnya. πŸ™‚

Untuk bersaing di halaman pertama search engine (SERP) memang tidak mudah. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Beberapa tips dan trik tentang SEO sudah banyak dibahas. Namun, seberapa banyakpun artikel yang membahas tentang SEO atau algoritma google. Google selalu berbenah setiap tahun, bulan atau bahkan minggu. Kali ini, google menghadirkan sebuah algoritma terbaru 2015. Bagaimana cara agar blog kamu bisa bersaing di halaman 1 search engine, lantas seperti apakah blog-blog yang disukai google pada tahun 2015?

Algoritma google 2015 menjelaskan bahwa mereka akan lebih memprioritaskan sebuah blog dengan artikel yang mudah dan enak dibaca ketika menggunakan smartphone atau ponsel cerdas. Terang saja, perkembangan zaman begitu berpengaruh terhadap algoritma google 2015. Sekarang, semua orang sudah banyak memakai smartphone, tukang becak, gado-gado, nasi goreng, kuli bangunan, mbak-mbak warteg juga punya smartphone. Bahkan sempat aku temui smartphone mereka jauh lebih canggih dan mahal daripada milik kita. Kan aku ngiri…..#halah

Artinya tulisan yang bagus namun ketika di buka via smartphone menjadi tidak jelas atau acak-acakan hal ini berpengaruh besar tulisan kita akan ditinggalkan pembaca. Lalu bagaimana agar tulisan kita mudah dibaca tidak hanya via PC atau laptop? Jawabnya yakni perhatikan theme atau template blog kamu, apakah sudah mobile friendly atau responsive. Blog dengan template yang responsive jauh lebih menarik minat pembaca karena tampilan blog lebih bagus ketika dibuka via smartphone dan tentunya menarik hati algoritma google 2015.

Nah, pertanyaanya? Apakah blog kamu sudah mobile friendly atau responsive? Jangan khawatir bila kamu tidak tahu, karena kamu bisa memperiksa apakah blog kamu sudah mobile friendly atau belum via link yang disediakan webmaster tool berikut :

Webmaster Tool Mobile Friendly

Setelah saya coba cek, blog http://mdarulm.net hasilnya sebagai berikut :

Algoritma Terbaru Google 2015

Apabila blog kamu sudah menggunakan theme yang mobile friendly, selamat blog kamu sudah selangkah lebih baik. Namun, jika belum mobile friendly segera jadikan theme kamu mobile friendly agar artikel yang ada di blog kamu disukai oleh google. Caranya ganti theme atau template yang sudah menyertakan mobile friendly atau responsive. Kalau kamu menggunakan CMS wordpress, banyak sekali yang menyediakan theme atau template yang free untuk digunakan coba cari di google kata β€œtheme blog wordpress responsive”.

Bisa juga mengikuti caraku, yaitu menggunakan penyedia theme blog yang free template seperti MyThemeWordpress, kalian bisa pilih-pilih siapa tahu ada yang cocok. Kalau masih belum nemu yang cocok silahkan cari pada penyedia theme wordpress yang lain. Yang pasti bila tak cocok jangan dipaksakan, karena terpaksa itu tidak enak seperti cinta seseorang yang dipaksakan bagaimanapun cara mencocokkan dua hati yang berbeda pasti akhirnya akan sakit juga. #eaa

Jadi, pada akhirnya yang disukai oleh algoritma google 2015 adalah blog yang sudah mobile friendly. Apabila blog kamu masih belum mobile friendly pasti dimata google tidak cocok dan bukan tipenya. Sudah pasti kamu akan ditolak untuk menjadi yang pertama di hati google eh maksudnya yang pertama di halaman pencarian google.

Pertanyaanya sudah siapkah kamu memantaskan diri untuk menjadi yang paling disukai oleh google di tahun 2015?
Theme blog apa sih yang kamu rekomendasikan agar bisa menjadi yang pertama di hati google? #eaa

Comments
  1. Rusa
    • MdarulM
  2. WIJAYA WHIZISME
    • MdarulM
  3. indah nuria savitri
    • MdarulM
  4. azizhadi
    • MdarulM
  5. Jarwadi MJ
    • MdarulM
  6. ahmadfaza
    • MdarulM
  7. Komik Dimsum
  8. Salman Faris
  9. @kakdidik13
  10. mas fer
  11. oyong Ilham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *